Beranda

Tingkatan Orang Yang Bertaubat

Abdullah Gymnastiar
Taubat Orang Awam
Orang yang awam bertaubat hanya untuk dosa-dosa besar seperti zina, membunuh dan mencuri, sementara dia tetap melakukan dosa-dosa kecil. Dia hanya melihat kepada dosa-dosa besarnya dan meremehkan dosa-dosa yang dianggap kecil.

Taubat Orang Khusus

Orang ini sudah bertaubat dari dosa-dosa kecil yang lebih halus. Dia bertaubat atas kedengkian kepada temannya. Atau ketika dia merasa hebat karena memiliki kedudukan dan jabatan dia bertaubat. Ketika dia shalat tahajud sendirian dan tidak mau membangunkan orang lain, karena ingin shaleh sendirian maka dia bertaubat setelah menyadarinya.

Taubat Orang Khusus bil Khusus

Orang ini bertaubat bukan karena telah berbuat maksiat tapi karena lalai mengingat Allah. Dia bertaubat ketika tidak bisa shalat tepat waktu. Walaupun dia sudah shalat dengan baik berjamaah, tapi dia tetap bertaubat karena tidak tepat waktu. Ketika dia tidak sempat shalat sunat dia merasa sedih. Hal ini membuat dia bertaubat karena tidak bisa mempersembahkan yang terbaik kepada Allah.
Ketika dia bersedekah dengan uang yang sudah lusuh dan jelek dia menyesal karena tidak memberikan yang terbaik untuk Allah. Dia bertaubat karena tidak bisa menyempurnakan ladang amal yang sudah disediakan oleh Allah. Wallahu 'alam

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment