Beranda

Ciri-ciri Taubat Nasuha

Abdullah Gymnastiar

Menyesal

Adanya penyesalan setelah melumuri diri dengan dosa dan kenistaan, adanya penyesalan setelah berbicara kotor, penyesalan ketika mata melihat kemaksiatan, penyesalan ketika menyakiti orang, menunjukkan adanya gejala-gejala taubatan nasuha. Karena orang yang tidak menyesal tidak termasuk taubat. Orang yang bangga dengan dosa-dosa yang pernah dilakukannya menunjukkan dia belum sungguh-sungguh bertaubat.

Minta Ampun Kepada Allah

Minta ampun kepada Allah bisa dilakukan dengan istighfar sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Adam a.s. dan Nabi Yunus a.s. di dalam al-Qur’an. Di samping itu, minta ampun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam. Inilah salah satu tanda orang yang sungguh-sungguh dalam taubatnya. Begitupun deraian air mata dan menggigilnya perasaan, merupakan ekspresi dari penyesalan yang mendalam.

Gigih Untuk Tidak Mengulangi

Bukan sekedar tidak berbuat dosa, berpikir ke arah sana saja tidak boleh. Memang kita dikarunia kecenderungan untuk berbuat hal yang negatif, akan tetapi bukan berarti harus dituruti tapi untuk dihindari. Karena itulah yang akan membuat kita mendapatkan ganjaran dari Allah swt... Wallahu 'alam

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment